oleh

Sudut Pandang Muhammad Idrus seorang Pengamat Pilwanag di Nagari Lima Kaum.

-Berita-0 views

Tanah Datar. Lensaexpo.com.

Seorang Pengamat dan Tokoh Masyarakat Muhammad Idrus menyikapi dan berharap tentang pelaksanaan ,Pemilihan Wali Nagari ( PILWANAG) .Serentak. 54 Nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Betul-betul muncul sosok seorang Wali Nagari yang memahami Nagari setempat, mampu membangun Nagari dan mengayomi Masyarakat. Jangan sampai adanya Blok-blok . Serta memahami Adat Salingka Nagari.
Jadikanlah Pilwanag ini Pemilihan Badunsanak artinya, Siapa yang terpilih nanti nya otomatis di dukung oleh Masyarakat Nagari itu sendiri. Dengan catatan Seorang Wali Nagari harus di dasari oleh Keimanan yang tinggi.
Menyikapi sesuatu permasalahan harus netral .
Dalam bincang – bincang. Muhammad Idrus dengan Rekan- Rekan Media Cetak dan Media Online di Cafe D” Zee. Piliang Dobok , Batusangkar Sabtu ( 8/7) 2023.

Muhammad Idrus mengatakan” Politik uang adalah sebuah praktik koruptif yang akan menuntun keberbagai jenis korupsi lain nya.
” Politik uang merupakan upaya mempengaruhi pilihan pemilih atau penyelenggara Pemilu dengan imbalan materi. Dan pemahaman tersebut , politik uang adalah salah satu bentuk suap ” kata Mamak Idrus . Yang kerap diminta pendapat nya oleh Calon Kepala Daerah, calon Anggota Legislatif dan calon Wali Nagari di berbagai Daerah di Sumbar.

Muhammad Idrus pernah membuat spanduk dengan tagline ” No Money Politik, jangan mau di bayar, baik untuk Pilwanag, Pileg, dan Pilkada.
‘ jadi suara Masyarakat itu betul – betul murni .Bukan karena bayaran dan Masyarakat harus mengerti apa bila di bayar 100 ribu tentu ada tujuan nya ” . Kata nya.

Kedepan nya Ia sangat berharap ” kepada calon – calon Wali Nagari yang akan maju menuju Pilwanag nanti nya. Ikutilah aturan – aturan yang ada , tunjuk kanlah Jati diri seorang Pimpinan dengan defikasi yang tinggi. Karena yang memilih adalah famili dan keluarga . Jangan sampai di pecah belah . Kepada Masyarakat lakukanlah pemilih yang cerdas dengan penilaian yg objektif terhadap calon Wali Nagari tersebut. Jangan ciptakan kerusuhan . Siapapun yang terpilih nanti nya. Itu adalah Pemimpin kita. ” papar Mak Idrus.      ( YEN )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *