oleh

Bupati Eka Putra Serahkan Reward Umrah Untuk Hafizh Alquran.

-Berita-0 views

Tanah Datar, Lensaexpo.com

Kementerian Agama Tanah Datar laksanakan Wisuda Hafizh Tingkat Madrasah se-Kabupaten Tanah Datar, yang digelar, Minggu (24/09/2023) di Lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Wisuda Hafizh tersebut dihadiri langsung Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Kakanwil Kemenag Sumatera Barat Helmi, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda, Kepala OPD, Kakan Kemenag Tanah Datar H. Amril, Ketua BAZNAS Yasmansyah, Ketua MUI Tanah Datar, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kepala Cabang Bank Nagari Syariah Batusangkar, Ketua Ika DPRD Ny. Frida Wati Rony Mulyadi dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra sampaikan ungkapan rasa bangga dan berikan apresiasi yang tinggi kepada Kemenag Tanah Datar yang telah melaksanakan wakaf hafizh bagi Madrasah se Tanah Datar dan itu sejalan dengan Program Pemerintah Daerah, Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah dan upaya menjadikan Kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten tahfizh.

“Ini juga menjadi spirit dan semangat bagi kami Pemerintah Daerah, untuk terus menciptakan generasi yang unggul dan berkarakter dalam rangka menghadapi Indonesia Emas nanti di tahun 2045 dan kita yakin lebih dari 50 persen penduduk Tanah Datar sudah hafizh Al-Quran,“ ujarnya.

Bupati Eka Putra juga menyebutkan, saat ini di Tanah Datar sudah lebih 15 ribu anak-anak sudah penghafal Al-Quran. Dengan adanya kegiatan ini tentu akan terus bertambah.

Bupati juga mengingatkan pada semua anak-anak hafizh Al-Quran, untuk selalu murajaah bacaan Al-Quran disetiap kesempatan, dimana saja dan dalam aktifitas sehari-hari sekalipun.

Sembari terharu dan teteskan air mata, Bupati Eka Putra sampaikan doa untuk keberhasilan anak-anak hafizh Al-Quran menjadi anak-anak yang cerdas, berkarakter dan sukses.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sumatera Barat Helmi menyampaikan apresiasi atas wakaf hafizh Al-Quran bagi Madrasah se Tanah Datar tersebut. Diakuinya, kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan Kemenag sangat terlihat.

Helmi juga katakan, anak hafizh Al-Quran adalah anak-anak yang cerdas, sehingga ada jalur tahfiz bagi yang akan melanjutkan kuliah, dilindungi Allah. SWT, dapat menolak bencana yang mungkin akan diturunkan Allah. SWT, doanya diijabah Allah. SWT dan akhlaknya mulia.

Pada kesempatan yang sama, Kakan Kemenag Tanah Datar H. Amril mengatakan wakaf hafizh ini juga dalam rangka mendukung program Kanwil Kemenag Sumbar yaitu gerakan 15 ribu hafizh dan hafizah dan sekaligus mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yaitu satu rumah satu hafizh/hafizah.

“Wakaf hafizh Madrasah ini, sebelumnya telah melalui tahapan seleksi yang diikuti oleh sebanyak 3.108 siswa-siswi yang berasal dari 78 Madrasah dan yang lulus seleksi sebanyak 1.580 orang siswa,” jelasnya.

Pada saat wakaf hafizh Madrasah tersebut, Bupati Eka Putra juga menyerahkan reward Umroh kepada yang terbanyak dan terbaik hafalannya yaitu diraih oleh Kayyisatus Syifa yang merupakan siswi MTsN 6 Tanah Datar.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan bersama Deklarasi Madrasah Anak, penyerahan beasiswa dari Bank Nagari Syariah dengan total Rp5 juta bagi siswa Madrasah, penyerahan reward bagi siswa dan siswi yang bacaannya terbaik dan juga terbanyak, penyerahan KTP oleh Bupati Eka Putra bagi yang berulang tahun bertepatan dengan pelaksanaan wakaf hafiz tersebut serta penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) dari dinas Dukcapil. (#901/F)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *