oleh

Pemkab Tanah Datar Terima Dana BKK Rp.17 Milyar Dari Pemprov Sumbar.

-Berita-1 views

Tanah Datar, Lensaexpo.com

Upaya dan kerja keras Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di dalam melakukan perencanaan pembangunan daerah berbuah manis, hal ini dikarenakan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berhasil menjadi yang terbaik pada Penilaian Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2023.

Terlebih lagi, dengan keberhasilan ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga memberikan reward berupa dana Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (BKK) kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan senilai Rp.17 Milyar lebih pada tahun anggaran 2024 ini.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra, Senin (22/1/2024) malam di Istana Gubernur, pada sebuah acara audiensi yang juga dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Sumbar Medi Iswadi, Asisten Ekobang Setda Tanah Datar Alfian Jamra, Kepala Bappedalitbang Tanah Datar Adriyanti Rustam, Kepala BPKD Tanah Datar Helfy Rahmy Harun, Kadis PUPR Ten Feri, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono dan Kabid IK Dinas PUPR.

Bupati Tanah Datar Eka Putra pada kesempatan itu atas nama seluruh masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih atas reward BKK yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak Gubernur, dana BKK ini seluruhnya akan kami gunakan untuk perbaikan dan pembangunan beberapa ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar guna mendukung aksesbilitas pariwisata, akses ekonomi dan pusat-pusat ekonomi serta sentra produksi pangan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Eka Putra juga mengusulkan untuk perbaikan ruas jalan provinsi yang ada di Tanah Datar, diantaranya ruas jalan Batusangkar-Baso-Payakumbuh, Batusangkar-Ombilin, dan ruas jalan Payakumbuh-Sitangkai serta Batusangkar-Sitangkai.

“Kami melihat dilapangan, beberapa ruas jalan provinsi sudah banyak yang berlubang disana sini, bahkan sudah ada masyarakat yang menanam batang pisang ditengah jalan. Menanggapi hal ini kami selalu melakukan pendekatan secara persuasive sehingga masyarakat akhirnya mau mencabut kembali patang pisang yang ditanamnya di jalan tersebut,”sampainya.

Sementara, Gubernur Mahyeldi mengatakan bantuan dana BKK senilai Rp.17 milyar ini diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sebagai reward atas prestasi sebagai juara 1 penilaian PPD tahun anggaran 2023.

“Kami siap membantu Pemerintah Daerah sepanjang kelengkapan administrasi dan tidak ada masalah di lapangan. Artinya Pemerintah Daerah harus memastikan dulu semuanya selesai dan aman baru bantuan akan diberikan, kalau tidak tentu kami tidak bisa memberikan bantuan,” ujarnya.

Menanggapi permintaan Bupati terkait jalan provinsi yang rusak, Gubernur Mahyeldi menjelaskan bahwa Pemprov Sumbar juga sudah menganggarkan untuk perbaikan jalan yang dimaksudkan pada tahun 2024 ini.

Selain itu, Gubernur juga mendukung keputusan Bupati Tanah Datar yang akan menggunakan dana BKK untuk meningkatkan aksesbilitas guna meningkatan ekonomi masyarakat. (#901/P)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *