oleh

Bupati Eka Putra Hadir Launching Program Inovasi Kemenag Tanah Datar.

-Berita-0 views

Tanah Datar, Lensaexpo.com

Bupati Tanah Datar Eka Putra berharap 45 Program Inovasi yang dilahirkan oleh jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Datar bukan sekedar seremonial saja, namun hendaknya mampu diaplikasikan dan dilaksanakan secara maksimal.

Hal ini disampaikannya saat Launching Program Inovasi One Unit One Poin Ketanda (Kemenag Tanah Datar) oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumbar Mahyudin, Kamis (22/2/2024) di aula Kantor Kemenag Tanah Datar.

“Selaku pimpinan daerah, Saya menyampaikan apresiasi terhadap Program Inovasi yang diluncurkan. Namun tentunya program tersebut dilaksanakan, sehingga memang akan tercapai apa yang menjadi tujuannya masing-masing, ” kata Eka Putra.

Bupati Eka Putra mengungkapkan, ia sangat tertarik dengan salah satu program yang dinamakan Berani Nekat yakni Berantas Nikah Siri dan Nikah Tak Tercatat.

“Program yang digagas KUA Padang Ganting ini sangat bagus dan dibutuhkan masyarakat saat ini, karena nikah siri ataupun pernikahan tak tercatat akan berkorelasi dengan kebutuhan administrasi anak-anaknya ke depan, karena itu ini perlu sekali dan hendaknya tidak hanya KUA Padang Ganting yang melaksanakan, namun juga seluruh KUA di Kecamatan lainnya di Tanah Datar,” harapnya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap jajaran Kemenag Tanah Datar yang telah turut membantu berperan aktif dalam menyukseskan Program Pemerintah Tanah Datar, terutama Program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah.

“Tentu dukungan Bapak, Ibuk serta penyuluh agama sangat besar dalam menyukseskan program Satu Rumah Satu Hafiz/Hafizah sehingga setidaknya saat ini lebih kurang 18 ribu anak kita sudah hafiz minimal 1 juz. Terima kasih dan mohon dukungan terus ke depan,” sampainya.

Terakhir, Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan selamat kepada seluruh jajaran Kemenag yang telah melahirkan Program Inovasi di Instansi masing-masing.

“Ini luar biasa, karena sebanyak 45 inovasi yang dilahirkan. Laksanakan dengan baik, pertahankan dan tingkatkan untuk ke depannya, karena tentunya ini semua bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar,” tukasnya.

Sebelumnya Kepala Kemenag Tanah Datar Amril menyampaikan, jajaran Kemenag menggandeng 8 instansi di Tanah Datar untuk mendukung Program Inovasi yang dilahirkan.

“Kita menggandeng Kejaksaan Negeri Batusangkar, Dinas Dukcapil Tanah Datar, Fakultas Tarbiyah UIN Machmud Yunus Batusangkar, Baznas Tanah Datar, Rutan klas II Batusangkar, Panti Sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu Batusangkar, BSI Batusangkar dan Bank Nagari Syariah Batusangkar,” terangnya.

Diungkapkan Amril, 45 Program Inovasi di jajaran Kemenag Tanah Datar dilahirkan dari kantor Kemenag, KUA dan Madrasah se Kabupaten Tanah Datar.

“Ada 7 Program Inovasi dari Kantor Kemenag, 14 KUA dan sisanya dari Madrasah se Tanah Datar, diantaranya Silatar yang bertujuan memangkas birokrasi pelayanan dan Berani Nekat yakni Berantas nikah siri dan nikah tak tercatat,” sampainya.

Amril juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian Bupati Tanah Datar terhadap pendidikan keagamaan di Tanah Datar dan juga kepada Kemenag Tanah Datar.

“Alhamdulillah, perhatian pak Bupati sangat besar terhadap kami, seperti memberikan seragam sekolah gratis bagi siswa sekolah jajaran Kemenag dan beberapa bantuan lainnya. Terima kasih pak,” sampainya.

Hal senada disampaikan Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin, yang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Bupati Tanah Datar terhadap bidang keagamaan dan Kemenag Tanah Datar.

“Setahu Saya di Sumbar, Bupati Tanah Datar menjadi salah satu dari dua Kepala Daerah yang sangat berkomitmen mendukung bidang keagamaan. Tentunya ini menjadi hal yang perlu di apresiasi dan diharapkan terus ditingkatkan dan dipertahankan ke depannya,” ujarnya.

Sepakat dengan Bupati Eka Putra, Mahyudin juga sangat tertarik dengan program Inovasi Berani Nekat.

“Sepakat disampaikan pak Bupati, Saya harap KUA lainnya di Tanah Datar turut melaksanakan Program Berani Nekat ini,” tegasnya.

Dikesempatan itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra juga menerima piagam penghargaan dari Kemenag atas dedikasi dan perhatiannya ke bidang keagamaan, turut disaksikan Kajari Batusangkar, Dinas Dukcapil Tanah Datar, Fakultas Tarbiyah UIN Machmud Yunus Batusangkar, Baznas Tanah Datar, Rutan klas II Batusangkar, Panti Sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu Batusangkar, BSI Batusangkar dan Bank Nagari Syariah Batusangkar serta undangan lainnya. (#901/DVD)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *