oleh

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. menobatkan Nagari Tanjung Barulak sebagai Nagari Jeruk Purut.

-Berita-0 views

Tanah Datar, Lensaexpo.com

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. menobatkan Nagari Tanjung Barulak sebagai Nagari Jeruk Purut. Hal ini diungkapkannya pada saat pembukaan acara Satu Nagari Satu Event bertajuk Festival Pesona Saghibu Dulang, di Lapangan Bola Nagari setempat, Sabtu (13/4/2024).

Dinobatkannya Nagari tersebut, sebagai Nagari Jeruk Purut, dikarenakan sebagian penduduk Nagari Tanjung Barulak berprofesi sebagai petani Jeruk Purut. Dengan profesi itu, mereka telah berhasil meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra mengapresiasi terobosan yang dilakukan seluruh pihak untuk mensejahterakan Masyarakat Nagari Tanjung Barulak yang akan berimbas pada Nagari lainnya di Kabupaten Tanah Datar.

“Kita tentu mengapresiasi upaya seluruh pihak untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakatnya. Kita berharap, ini akan ditiru Nagari lainnya di Luhak Nan Tuo,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra juga mengakui Festival Pesona Saghibu Dulang telah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Terlihat dari seluruh rangkaian acaranya, terlaksana dengan begitu ramai dan meriah.

“Kita yakin, kegiatan ini dipersiapkan dengan matang, sehingga mulai dari penyambutan, pameran Saghibu Dulang hingga penampilan Tari Kolosal begitu menakjubkan. Bagi kita pribadi, ini sangat luar biasa,” ujar Bupati Eka.

Bupati Eka Putra berharap potensi Nagari yang terekspos pada Festival Pesona Saghibu Dulang ini, dapat dikembangkan secara maksimal dengan mengandeng seluruh pihak, dimulai dari masyarakat, perantau dan unsur lainnya.

“Dengan besinergi, potensi Nagari Tanjung Barulak bisa termanfaatkan secara maksimal, yang akan lebih berdampak pada kesejahteraan Masyarakat secara berkesinambungan,” ujar Bupati Eka Putra.

Sementara itu, Wali Nagari Tanjung Barulak Fuadil Hulum, S.I.P mengatakan Nagari Tanjung Barulak memiliki lahan Jeruk Purut seluas 800 Hektar yang telah berhasil meningkatkan kesejahteraan Masyarakat secara signifikan.

“Nagari Tanjung Barulak memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang identik dengan Jeruk Purut. Dari sinilah, sebagian Masyarakat berhasil menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnnya.

Ia pun menambahkan melalui Festival Pesona Saghibu Dulang, seluruh potensi di Nagari Tanjung Barulak akan ditampilkan, mulai dari Budaya, Ekonomi, Pariwisata dan berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Banyak potensi Nagari Tanjung Barulak ditampilkan pada Festival Pesona Saghibu Dulang. Seperti salah satu, produk UMKM yang sangat luar biasa, yakni kain Ecoprint. Kita perkenalkan juga, destinasi wisata Rumah Akar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujarnya.

Hadir pada saat itu, Forkopimda, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Tanjung Emas Zukifli Idris, S.Sos, Wali Nagari se Kecamatan Tanjung Emas, Bundo Kanduang, Ninik Mamak, Perantau, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (#901/P)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *