oleh

Bupati Eka Putra Hadiri Acara Syukuran Alek Kapalo Banda.

-Berita-0 views

Tanah Datar, Lensaexpo.com

Untuk mempererat silaturahmi antar sesama dan mensyukuri nikmat Allah yang telah dilimpahkan, warga masyarakat jorong Payo, nagari Batipuh Baruah, kecamatan Batipuh, Sabtu (1/6/2024) gelar syukuran alek kapalo Banda di masjid Darussalam Payo.

Pada acara yang dilaksanakan sekali dalam setahun itu hadir Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Camat Batipuh Abdi Hardifala beserta Forkopimca, Wali Nagari Batipuh Baruah Mulyadi BJ, Wali Nagari Gunung Rajo, Ketua KAN, BPRN Nagari Batipuh Baruah dan Gunung Rajo, angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana Ardi Dt. Jo Lobiah dikesempatan itu mengatakan syukuran alek kalapo banda ini merupakan sebuah tradisi yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat setempat sejak turun temurun dari dulu.

“Kegiatan ini tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama sekaligus untuk melestarikan budaya. Ini juga sebagai wujud syukur kami atas limpahan rahmat dan rezeki dari Allah SWT kepada kami,” katanya.

Selanjutnya, kepada Bupati, Ardi juga berharap agar Pemerintah Daerah bisa membangun sebuah tower BTS di jorong Payo, karena sampai saat ini daerah tersebut masih blankspot. Selain itu, Andri juga berharap Pemerintah juga bisa merealisasikan pembangunan jalan lingkar dari Bungo Tanjung menuju Gunung Rajo.

“Saat ini daerah kami masih blankspot pak, sehingga kami sulit untuk mengakses internet. Apalagi saat ini apapun programnya sudah menggunakan aplikasi, tentu ini sangat menyulitkan bagi kami untuk mengakses dan mendapatkannya, belum lagi anak-anak sekolah juga membutuhkan internet untuk berbagai tugas mereka. Untuk itu, kami berharap melalui pak Bupati bisa mendirikan sebuah tower BTS daerah kami,” pintanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Angku Dt. Mudo yang merupakan salah seorang tokoh masyarakat setempat. Dia menambahkan, selain untuk mempererat silaturahmi, syukuran alek kapalo banda dilakukan untuk bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah agar dijauhkan dari musibah dan bencana.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh panitia dan tokoh masyarakat setempat, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa untuk pembangunan dan pelebaran jalan lingkar dari Gunung Rajo ke Bungo Tanjung sudah dianggarkan.

“Untuk jalan sudah kita anggarkan, tinggal menunggu kesepakatan dari niniak mamak untuk menghibahkan lahan. Kalau semuanya sudah clear InsyaAllah segera kita bangun. Untuk akses internet kita akan upayakan segera, dan ini menjadi perhatian khusus bagi kami,” ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra juga berharap doa dan dukungan dari masyarakat Tanah Datar khususnya nagari Batipuh Baruah agar dirinya selalu diberikan kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan amanah dalam memimpin kabupaten Tanah Datar. (#901).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *